Jumat, 14 Desember 2012

MASA ORIENTASI SISWA (MOS)


MASA ORIENTASI SISWA (MOS)

Pada awal masuk MAN Model Bangkalan dimana waktu itu dilaksanakan masa orientasi siswa atau yang dikenal dengan nama “MOS”. Kegiatan MOS tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Hari pertama masuk, saya hampir terlambat karena semua siswa-siswa sudah siap mengikuti apel pagi. Saya merasa takut dan sedih karena pada waktu itu saya sendirian dan berpisah dengan temanku.
Acara apel pagipun telah selesai, semua siswa-siswi disuruh mencari kelas masing-masing. Setelah mencari kelas, ternyata saya masuk ke kelas X-6. Di kelas X-6 ternyata ada seorang teman SMP ku. Waktu itu saya sekelas dengan dia pada saat kelas VII. Akhirnya, sedikit demi sedikit rasa takut itu hilang dengan sendirinya. Awalnya saya duduk dengan dengan teman SMP ku itu, tapi pada akhirnya saya duduk dengan teman yang belum saya kenal. Sejak saat itu saya berkenalan dengan dia dan akhirnya kamipun menjadi teman.
Pada hari kedua MOS diadakan lomba-lomba seperti basket, volley, dan lomba kreatif. Dalam lomba basket kelas kami kalah, sedangkan lomba kekreatifan kelas kami menang juga.
Selama 3 hari mengikuti kegiatan MOS, kami diperkenalkan oleh semua anggota OSIS. Kami juga diberikan mars MOS, mars MAN, dan yel-yel kelas. OSIS juga memperkenalkan lingkungan yang ada di MANBA (MAN Model Bangkalan) agar semua siswa mengetahui lingkungan sekolah mereka. Seperti pepatah “Tak Kenal Maka tak Sayang”. Jadi para siswa diajak berkeliling sekolah agar mengetahui letak satu persatu ruangan yang ada di MANBA.
OSIS juga membuat semua siswa senang, kita diajak bermain tebak-tebakan bersama. Kemudian kita diajak ke stadion  untuk berlatih PBB dengan menggunakan topi dari pot yang dihiasi dengan kertas sukun dan di atasnya ada kata “Y” yakni yupiter dan memakai kalung dari permen yang ditengahnya ada identitas dan juga dihiasi dengan sosis dan milo.
Setelah selesai kami kembali ke aula. Di aula kami diberikan selembar kertas photocopy yang berisi tentang tata tertib di MANBA. Kami juga diperkenalkan dengan semua ekstra kurikuler yang terdapat di MANBA. Kami diharuskan untuk memilih 2 jenis ekstra kurikuler yang wajib kami ikuti. Sebelum kegiatan MOS ditutup, OSIS menampilkan sebuah tampilan teater yang menegangkan sekali.
Akhirnya kegiatan MOS selesai. Pada keesokan harinya para siswapun sudah dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya.
Selamat Belajar dan Selamat Datang di MANBA….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar