Selasa, 23 Oktober 2012


TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA

Disiplin merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang tunduk kepada keputusan, perintah dan peraturan yang berlaku kedisiplinan sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar di sekolah agar tercipta suasana yang efektif untuk belajar untuk itu di sekolah dibuat peraturan tentang tata tertib yang mengatur kedisiplinan siswa di sekolah peraturan tata tertib di sekolah juga terdapat sanksi yang jelas bagi siswa yang melanggar.
Akan tetapi masih banyak siswa yang melanggar aturan tersebut dan tidak disiplin, seperti contoh banyak siswa yang telat, banyak siswa laki-laki yang bajunya dikeluarkan, ramai di kelas saat pelajaran berlangsung, serta siswa yang bolos sekolah. Penyebab ketidakdisiplinan siswa itu disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, mental siswa yang masih labil. Hal ini dikarenakan siswa yang berada dalam fase remaja, sehingga ada di sisi lain yang ingin melanggar peraturan yang sudah ada.
Faktor yang lain adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan sangat sangat berpengaruh sekali terhadap kedisiplinan siswa, pergaulan yang kurang baik dapat merubah siswa disiplin menjadi tidak disiplin karena siswa mencontoh dari perilaku yang ada di luar rumah. Faktor yang lain yang mendukung siswa untuk tidak disiplin adalah guru. Kebanyakan siswa meniru perbuatan guru yang tidak disiplin atau dapat juga disebabkan karena guru terlalu ketat member peraturan sehingga terdapat siswa yang melawan dengan melakukan kebalikan yang diperintahkan guru.
Cara untuk menangani dan mengaruhi ketidakdisiplinan siswa di sekolah dengan cara menasehati. Jika dengan cara itu tidak berhasil siswa harus dikaji sanksi yang ringan. Jika dengan cara itu tidak berhasil juga siswa harus diberikan sanksi yang lebih tegas agar siswa tersebut jera untuk mengulangi sikap yang tidak disiplin dan dari orang tua siswa. Orang tua harus memberikan contohnya pada anaknya agar anaknya tersebut tidak melakukan ketidakdisiplinan itu lagi. Dan guru harus memberikan contoh dengan berdisiplin dan guru bersikap simpati pada siswa.
Cara yang lain adalah bagi siswa yang bersikap disiplin harus diberikan penghargaan atau hadiah walaupun hadiahnya tidak menarik agar siswa itu sendiri berlomba-lomba untuk bersikap disiplin dan siswa bisa menjadi contoh yang terbaik dari siswa lain agar siswa yang tidak disiplin mengikuti teman yang bersikap disiplin dan diberikan pengarahan agar siswa tersebut bersikap disiplin dan mengadakan organisasi. Dimana organisasi tersebut bertujuan agar siswa tersebut berdisiplin di dalam sekolah atau pun di luar sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar